Rahasia Cara Google Membaca Meta Tag

Apa itu Meta Tag

Meta tag adalah cara yang di gunakan oleh webmaster dalam memberikan informasi mengenai situs  kepada mesin Pencarian.Mesin pencari itupun bermacam macam  seperti Google Search , Yandex ataupun Bing

Beginilah Cara Google Membaca Meta Tag


Meta Tag dapat digunakan untuk memberikan informasi ke semua jenis klien. Sedangkan Sistem itu sendiri  hanya dapat memproses meta tag yang dipahaminya dan akan mengabaikan yang lain. Meta Tag dapat di pasang ke bagian <head> halaman HTML Anda dan umumnya tampak seperti di bawah ini:
<!DOCTYPE html>
<html>
  <head>
    <meta charset="utf-8">
    <meta name="Description" CONTENT="Author: A.N. Author, Illustrator: P. Picture, Category: Tips Seo, Cara Pemasangan Meta Tag, Length: 784 pages">
    <meta name="google-site-verification" content="+nxGUDJ4QpAZ5l9Bsjdi102tLVC21AIh5d1Nl23908vVuFHs34="/>
    <title>Seo Meta Tag - high-quality used Google search</title>
    <meta name="robots" content="noindex,nofollow">
Google memahami tag meta (dan item terkait) berikut:
<meta name="description" content="A description of the page" />Tag ini memberikan deskripsi singkat mengenai halaman. Dalam situasi tertentu, deskripsi ini digunakan sebagai bagian dari cuplikan yang ditampilkan di hasil penelusuran. Informasi selengkapnya
<title>The Title of the Page</title>Meski secara teknis bukan merupakan tag meta, tag ini sering digunakan bersamaan dengan "deskripsi". Konten tag ini umumnya ditampilkan sebagai judul dalam hasil penelusuran (dan tentu saja dalam browser pengguna). Informasi selengkapnya
<meta name="robots" content="..., ..." />
<meta name="googlebot" content="..., ..." />
Tag meta ini dapat mengontrol pengindeksan dan crawling mesin telusur. Tag meta robotsberlaku bagi semua mesin telusur, sementara tag meta "googlebot" khusus untuk Google. Nilai default-nya adalah "index, follow" (sama dengan "all") dan tidak perlu ditetapkan. Kami memahami nilai berikut ini (saat menentukan banyak nilai, pisahkan dengan koma):
  • noindex - Mencegah halaman diindeks.
  • nofollow - Mencegah Googlebot mengikuti link dari halaman ini.
  • nosnippet - Mencegah cuplikan teks atau pratinjau video ditampilkan dalam hasil penelusuran. Untuk video, gambar statis akan ditampilkan jika memungkinkan.
  • noarchive - Mencegah Google menampilkan link Cache untuk suatu halaman.
  • unavailable_after:[date] - Memungkinkan Anda menentukan waktu dan tanggal pasti untuk menghentikan crawling dan pengindeksan halaman ini.
  • noimageindex - Memungkinkan Anda menentukan bahwa Anda tidak ingin halaman muncul sebagai halaman perujuk untuk gambar yang muncul di hasil penelusuran Google.
  • none - Setara dengan noindex, nofollow.
Saat ini, Anda dapat menentukan informasi ini pada judul halaman menggunakan arahan judul HTTP "X-Robots-Tag". Ini sangat bermanfaat terutama jika Anda ingin membatasi pengindeksan file non-HTML seperti grafis atau jenis dokumen lainnya. Informasi selengkapnya tentang tag meta robot
<meta name="google" content="nositelinkssearchbox" />Saat pengguna menelusuri situs Anda, hasil Google Penelusuran terkadang menampilkan kotak pencarian khusus untuk situs Anda, beserta link langsung lainnya ke situs. Tag meta ini memberi tahu Google agar tidak menampilkan kotak telusur tautan situs. Pelajari lebih lanjut tentang kotak telusur tautan situs.
<meta name="google" content="notranslate" />Saat kami menyadari bahwa konten halaman tidak dalam bahasa yang mungkin ingin dibaca oleh pengguna, kami kerap menyediakan link ke terjemahan dalam hasil penelusuran. Secara umum, hal ini memberi Anda peluang untuk membuat konten yang unik dan menarik bagi kelompok pengguna yang lebih luas. Namun demikian, mungkin akan terjadi situasi saat hal ini tidak diinginkan. Tag meta ini menginformasikan kepada Google bahwa Anda tidak ingin kami menerjemahkan halaman ini.
<meta name="google-site-verification" content="..." />Anda dapat menggunakan tag ini pada halaman tingkat atas di situs guna memverifikasi kepemilikan untuk Search Console. Harap diperhatikan bahwa meski nilai atribut "nama" dan "konten" harus sama persis dengan apa yang diberikan kepada Anda (termasuk huruf besar dan huruf kecilnya), tidak masalah apabila Anda mengubah tag dari XHTML ke HTML, atau jika format tag cocok dengan format halaman Anda. Informasi selengkapnya
<meta http-equiv="Content-Type" content="...; charset=..." />
<meta charset="..." >
Tag meta ini mendefinisikan jenis konten dan himpunan karakter halaman. Pastikan bahwa Anda mengurung nilai atribut isi dengan tanda petik - bila tidak demikian atribut charset dapat ditafsirkan dengan tidak benar. Sebaiknya gunakan Unicode/UTF-8 jika mungkin. Informasi selengkapnya
<meta http-equiv="refresh" content="...;url=..." />Tag meta ini mengantarkan pengguna ke URL baru setelah beberapa waktu tertentu, dan terkadang digunakan sebagai bentuk pengalihan sederhana. Namun demikian, hal ini tidak didukung oleh semua jenis browser dan dapat membingungkan pengguna. W3C tidak menyarankan penggunaan tag ini. Kami menyarankan penggunaan pengalihan sisi server 301 sebagai gantinya.
<meta name="viewport" content="...">Tag ini memberi tahu browser cara merender halaman di perangkat seluler. Kehadiran tag ini menunjukkan kepada Google bahwa halaman tersebut mobile-friendly. Baca selengkapnya tentang cara mengonfigurasi tag meta viewport.

Poin penting lain yang perlu diperhatikan:
Rahasia Cara Google Membaca Meta Tag
  • Google dapat membaca Meta Tag  HTML dan XHTML, terlepas dari kode yang digunakan pada halaman.
  • Dengan pengecualian terhadap verify, umumnya huruf besar-kecil bukan hal penting dalam Meta Tag.
Di atas bukan merupakan daftar  Meta Tag yang Baku. Anda bebas untuk menggunakan Meta Tag yang tidak tercantum di atas jika memang Meta Tag tersebut penting bagi situs atau blog Anda. Yang perlu untuk di garis bawahi adalah bahwa Google akan mengabaikan Meta tag  yang tidak dikenal dan akan mengabaikanya.
Selamat Berkreasi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.